Suku Remboken

Remboken: danau Tondano
Suku Remboken (Rinembok), adalah salah satu walak atau suku kecil dari suku Tondano yang merupakan anak suku Minahasa yang terdapat di kecamatan Remboken kabupaten Minahasa provinsi Sulawesi Utara.

Masyarakat Remboken terutama berdiam di kecamatan Remboken kabupaten Minahasa, dan sebagai salah satu bagian dari Pakasa'an Tondano, yang terdiri dari 4 walak, yaitu:
  • Kakas
  • Remboken
  • Touliang
  • Toulimambot

Masyarakat Remboken, diperkirakan terbentuk sekitar abad 16. Suku Remboken, lebih dikenal sebagai orang Tondano, tapi Tondano sendiri membagi wilayah adat mereka menjadi 4 walak, dan salah satunya adalah masyarakat Remboken. Oleh karena itu mereka juga disebut sebagai orang Remboken. Masyarakat Remboken dengan ke-3 walak lain, seperti Kakas, Touliang dan Toulimambot, adalah berkerabat dan bisa dikatakan hampir tidak ada perbedaan di antara mereka. Masing-masing walak memiliki wilayah adat masing-masing, sehingga mereka disebut sesuai dengan nama walak mereka masing-masing.

Orang Remboken berbicara dalam bahasa Tondano dengan dialek khas Remboken. Pada dasarnya orang Remboken dan orang Tondano adalah satu. Sehingga antara orang Remboken dengan orang Kakas, Touliang dan Toulimambot dapat berkomunikasi dengan baik.

Orang Remboken adalah pemeluk agama Kristen, sebagian besar memeluk agama Kristen Protestan, sebagian kecil memeluk agama Kristen Katolik dan denominasi gereja lainnya, seperti Advent, Pentakosta, Kharismatik dan lain-lain.

Masyarakat Remboken, pada umumnya hidup pada bidang pertanian, terutama berladang dan berkebun. Saat ini banyak masyarakat Remboken yang telah memiliki profesi lain, seperti menjadi pegawai negeri maupun bergerak pada bidang swasta.

sumber foto:

No comments:

Post a Comment